Belajar bermain gitar bass adalah salah satu cara untuk membuat hidup Anda penuh warna dengan musik. Walaupun mempelajari alat musik baru dapat terlihat membosankan, mempelajari hal dasarnya sendiri bisa tergolong mudah dan bermanfaat.

Memilih Gitar Bass

Pilih jumlah senar gitar. Karena gitar bass memerlukan listrik, bentuk atau warna dari gitar bass dapat bermacam-macam namun tetap memiliki suara yang bagus. Yang lebih penting adalah memilih gitar yang memiliki jumlah senar yang cocok dengan kemampuan Anda. Sebagai pemula, akan lebih baik memulai dengan gitar bass yang memiliki four senar. Gitar bass biasanya mempunyai 4 senar dan gitar jenis ini termasuk jenis yang paling dasar. Hampir semua musik gitar bass dapat dimainkan dengan four senar saja, dan karena lebar fretnya lebih kecil daripada gitar dengan five dan 6 senar, maka akan lebih mudah memainkannya.

Sebuah gitar dengan 4 senar memiliki nada dasar EADG, namun jika Anda mau, Anda dapat mengubahnya menjadi seperti gitar 5 senar dengan mengubah nada dasarnya menjadi BEAD. Gitar 5 dan 6 senar sangat bagus karena memiliki jangkauan nada yang lebih luas untuk dimainkan. Namun, gitar ini membutuhkan kemampuan tinggi dari pemainnya untuk mengendalikan suara senar agar tidak bertabrakkan dan juga untuk mencapai seluruh nada.

Pilih jangkauan nada. Jangkauan nada sebuah gitar bass ditandai dengan jarak dari ujung gitar ke badan gitar, yang tidak lain adalah panjang senar gitar. Gitar yang memiliki jangkauan nada yang panjang mempunyai senar yang lebih panjang dan menghasilkan suara yang lebih rendah. Gitar dengan jangkauan nada yang pendek mudah dimainkan untuk pemula, namun suara yang dihasilkan tidak sevariatif gitar dengan jangkauan nada panjang. Kebanyakan gitar memiliki ukuran 34”, namun Anda juga dapat menemukan ukuran gitar kecil (di bawah 30”), ukuran sedang (30” – 33”), dan ukuran ekstra panjang (35” atau lebih) Pilihlah gitar dengan ukuran 34”, jika ukuran tangan Anda tidak terlalu kecil atau terlalu besar untuk menghasilkan suara yang baik.

Jika Anda memutuskan untuk membeli gitar bass dengan 5 atau 6 senar, pilihlah ukuran gitar yang lebih besar untuk suara yang lebih bagus. Pilih ukuran gitar minimum 35” jika Anda memilih gitar dengan five atau 6 senar.

Pilih gitar dengan atau tanpa worry. be concerned adalah bagian berlapis logam pada gitar. be anxious berguna untuk menandai no longer-now not berbeda yang dapat dimainkan dan dapat ditemukan di setiap gitar. Namun, ketika membeli gitar bass, Anda dapat memilih gitar tanpa fret.
Sebuah gitar tanpa worry tidak memiliki penanda yang terbuat dari logam dan hanya terdiri dari leher gitar yang mulus.

Gitar tanpa be anxious akan lebih sulit dimainkan karena tidak ada penanda letak now not yang ingin Anda mainkan. Jadi, Anda harus bermain bass dengan mengandalkan suara saja.
Untuk pemula, lebih baik Anda memilih gitar dengan be troubled untuk memberi Anda petunjuk tentang not dan peletakkan jari. Setelah beberapa lama Anda dapat berpindah ke gitar tanpa worry untuk tantangan yang lebih dan variasi suara yang sedikit berbeda.

Pilih bahan dasar. Gitar bass terbuat dari beberapa bahan dasar yang berbeda, termasuk bahan kayu lunak, kayu keras, atau bahan buatan. Setiap bahan dasar gitar sedikit berpengaruh pada suara yang dihasilkan.

Kayu keras, seperti maple, kenari, kayu hitam, dan perkusi akan menghasilkan suara perkusi.
Kayu lunak seperti alder, basswood, dan swamp ash, akan menghasilkan suara yang lebih lembut.
Bahan dasar buatan gitar yang paling terkenal adalah grafit, walaupun luthite juga sering digunakan untuk membuat gitar bass. Bahan ini memiliki suara yang konsisten, karena bahan dasar ini tidak berbeda jauh dengan bahan dasar alami.

Kebanyakan gitar bass terbuat dari bahan dasar campuran, terutama bahan dasar leher gitar dengan bagian gitar lain. Ini juga merupakan pilihan yang baik, jadi Anda tidak perlu mencari gitar dengan satu bahan dasar.

Beli amplifier. Untuk memainkan gitar bass, Anda harus menyambungkannya dengan sebuah amplifier untuk mendengar suaranya. Sebuah amplifier memiliki 3 bagian: strength amp, preamp, dan speaker cupboard. Pilihan yang paling mudah adalah membeli combo amp. Walaupun amplifier jenis ini masih kurang dalam hal suara dibandingkan dengan amplifier besar atau bagian amplifier terpisah, combo amp lebih mudah digunakan oleh pemula. Tentukan apakah Anda akan bermain menggunakan jari atau pick. Banyak orang menyarankan untuk mempelajari keduanya sehingga Anda bisa bermain bass dengan beragam cara.

Memainkan Gitar Bass

Pegang gitar bass dengan benar. Agar dapat memainkan musik yang indah, sangat penting untuk mempelajari posisi yang benar. Anda harus selalu menggunakan tali selempang gitar agar tangan Anda dapat fokus memainkan nada-nada yang Anda inginkan.
Anda dapat duduk atau berdiri, namun pastikan Anda mempunyai postur yang baik. Dan pastikan selempang gitar Anda menopang gitar Anda di ketinggian yang sama ketika Anda duduk ataupun berdiri.
Gitar seharusnya diletakkan di antara pinggang dan tulang leher. Kebanyakan orang memainkan gitar di perut, namun ini hanya pilihan pribadi.
Gitar sebaiknya di miringkan sekitar 30 derajat, agar Anda tidak perlu menekuk pergelangan tangan Anda terlalu jauh.

Atur nada gitar. Pengaturan nada standar pada gitar dengan four senar adalah E-A-D-G, dengan E sebagai senar paling bawah dan G sebagai senar paling atas. Anda dapat mengatur nada gitar dengan mendengarkan nadanya, yang terkadang kurang tepat atau menggunakan electric tuner yang lebih tepat pengaturan nadanya. Untuk mengatur pitch nada setiap senar, Anda cukup memutar bagian atas gitar.

Berlatih memetik. Gitar bass tidak seperti gitar lain yang senarnya dapat dimainkan dengan cara memetik seluruh senar bersamaan, gitar bass hanya dapat dimainkan dengan memetik satu according to satu senar. Sangat penting untuk berlatih cara memetik gitar bass untuk menghasilkan suara yang indah. Gitar bass juga dapat dipetik seperti gitar biasa, yang tergantung pada jenis musik yang dimainkan.
Selalu potong kuku jari Anda. Kuku Anda akan berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan senar gitar.
Petik menggunakan dua jari untuk meningkatkan efisiensi. Petik gitar menggunakan jari tengah dan jari telunjuk secara bergantian. Tidak masalah dengan jari apa Anda memulai, asalkan kecepatan dan irama kedua jari tetap sama.

Petik senar berdekatan dengan leher gitar untuk nada yang lembut. Jika Anda memetik senar di bagian ujung badan gitar, suara yang dihasilkan akan lebih perkusi. Ketika Anda berlatih, lokasikan petikan Anda ke region gitar tertentu tanpa sering berpindah-pindah.
Petik senar dengan cara menggesekan ujung jari Anda ke senar. Jangan menarik senar pada saat memainkan gitar, karena suara yang dihasilkan kurang enak didengar. Jika Anda ingin memperbesar suara, besarkan tingkat suara di amplifier, bukan menguatkan petikan pada senar.

Matikan suara senar yang tidak Anda mainkan. Untuk menghasilkan suara yang lebih jelas dan tidak mengganggu nada yang Anda mainkan, penting untuk mematikan suara getaran senar dengan cara menahannya dengan jari Anda.

Jaga agar ibu jari Anda tetap dekat dengan senar E sesering mungkin, agar ketika Anda tidak memainkan nada dengan ibu jari, Anda bisa menggunakannya untuk mematikan suara senar E.
Jika harus melewati beberapa senar untuk memainkan nada-nada yang berbeda, cobalah gunakan beberapa jari Anda sekaligus untuk membantu mematikan suaranya.

Anda juga bisa memindahkan ibu jari Anda ke senar selain E untuk mematikan suara senar lain jika Anda sedang mainkan nada tinggi. Jangan menekan senar ke bawah, namun cukup letakkan jari atau ibu jari Anda pada senar untuk mencegah getaran senar yang dapat menghasilkan suara.

Pelajari cara bermain root. Root adalah nada dasar dari sebuah kord yang Anda mainkan. Kord A dimainkan dengan cara membunyikan beberapa senar, dan biasanya root adalah nada yang dimainkan pada nama kord. Biasanya, Anda akan bermain bass dengan hanya fokus pada root dari setiap kord yang ada.

Belajar bermain oktaf. Semua jenis musik terdiri dari 12 no longer, yang bisa dimainkan dengan pitch rendah ataupun tinggi. Tingkat ketinggian nada no longer tersebut disebut juga oktaf.
Untuk memainkan nada yang oktafnya lebih tinggi dari nada yang Anda mainkan, turun dua senar dan geser dua be anxious ke kanan.

Untuk memainkan nada yang oktafnya lebih rendah dari nada yang Anda mainkan, naik dua senar dan 2 be concerned ke kiri. Anda dapat memainkan oktaf rendah dengan jari telunjuk dan oktaf tinggi dengan jari manis. Gunakan jari Anda yang lain untuk mematikan suara senar yang tidak dimainkan.

slot deposit 10 ribu via dana

Slot Mahjong Ways

Slot Mahjong Ways

Slot Mahjong Ways

Slot Mahjong Ways

Slot Mahjong Ways

Slot Mahjong Ways

Slot Mahjong Ways

Slot Mahjong Ways

Slot Mahjong Ways

Slot Mahjong Ways